Latar Belakang & Tujuan YNSF

Majunya sebuah Negara salah satunya bisa diukur dengan majunya ilmu pengetahuan yang dikemas dalam sebuah penelitian. Namun tidak hanya sampai disana, penelitian yang dilakukan haruslah terus dikembangkan dan salah satunya dengan mengikuti lomba sains yang dapat memacu para peneliti khususnya peneliti muda untuk terus berkarya melahirkan banyak karya dibidang penelitian.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Indonesian Young Scientist Association (IYSA) yang merupakan lembaga yang konsen untuk mengembangkan dunia sains di Indonesia mengadakan sebuah ajang di bidang sains bernama Youth National Science Fair (NSF) 2019.

Youth National Science Fair (NSF) merupakan ajang adu kemampuan para peneliti muda berusia 13-20 tahun dalam mempresentasikan hasil penelitian yang telah mereka lakukan. Melalui Youth National Science Fair 2019, para peneliti muda berkesempatan untuk memparkan hasil karya mereka, memperkaya wawasan, meningkatkan kemapuan berkomunikasi, menjalin persahabatan baru dan berkesempatan untuk berkompetisi di tingkat dunia karena juara dari YNSF 2019 secara otomatis akan mewakili Indonesia dalam ajang internasioanal CASTIC 2020 di China, TISF 2020 di Taiwan, EISTF & CIEI 2019 di Mesir dan IYSIE 2019 di Malaysia.


Adapun tujuan dari ajang kompetisi Youth National Science Fair (YNSF) ini adalah :

  1. Menjadi wadah untuk peneliti muda dalam mengaktualisasikan hasil penelitian dan inovasinya dalam bidang sains
  2. Memberikan sesempatan peneliti muda untuk memperkaya wawasan dalam bidang sains dan teknologi.