Youth National Science Fair 2020

 





IYSA telah sukses menggelar ajang kompetisi adu kreativitas dalam bidang penelitian dan invention bertajuk Youth National Science Fair (YNSF) 2020. Berbeda dengan event YNSF tahun lalu, event YNSF tahun ini diselenggarakan secara online pada 10-11 Agustus 2020, dan merupakan event online pertama yang diselenggarakan oleh IYSA di tahun ini. Ajang ini diikuti oleh 42 tim dari jenjang SMP sampai Universitas. 


Acara Awarding Ceremony Event YNSF tahun ini juga terpaksa dilakukan secara online, dan telah diselenggarakan pada 20 Agustus kemarin. Acara dibuka oleh MC dan diawali dengan sambutan dari Ketua IYSA yaitu Bapak Deni Irawan, M.Pd, sambutan ketua Juri YNSF 2020 yaitu Bapak Slamet Budi Cahyono, S.Pi, M.Sc, serta sambutan dari Bapak Winner Jihad Akbar, S.Si., M.Ak, Analis Kebijakan Ahli Madya, Direktorat SMA KEMDIKBUD, selain itu ada penampilan dari perwakilan peserta YNSF 2020 yaitu dari Universitas Andalas dan SMP Islam Al-Azhar 26 Yogyakarta yang menampilkan puisi, dan penampilan musik dari SMA Unggul Subulussalam.


42 tim ini memperebutkan tiket ke 9 ajang kompetisi bergengsi di dunia yakni International Invention & Innovation Competition (IIIC) Malaysia, International Young Scientist Innovation Exhibition (IYSIE) Malaysia, World Invention Competition and Exhibition (WICE) Malaysia, International Science Project Olympiad (INSPO) Turkey, World Invention Creativity Olympic (WICO) Korea, Japan Design & Invention Expo (JDIE) Jepang, International Science and Invention Fair (ISIF), Asean Innovative Science and Entrepreneur Fair (AISEF), dan Kaohsiung International Invention & Design Expo (KIDE) Taiwan. Special tahun ini ada yang baru dari acara awarding YNSF 2020, selain ada Grand Award dari IYSA kali ini ada Awarding tambahan yaitu Special Award dan Grand Award dari ajang Malaysia Innovation Invention Creativity Association (MIICA) di mana peserta yang mendapatkannya akan langsung mengikuti lomba di ajang IIIC Malaysia 2021 nanti.


Dalam rangkaian acara Awarding Ceremony YNSF tahun ini, acara juga bertambah menarik karena ada sesi motivasi yang disampaikan oleh Bapak Dr. Drs. Soehardjoepri, M.Si, selaku ketua Departemen Aktuaria Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Beliau menyampaikan bahwa anak-anak muda Indonesia harus selalu semangat dalam melakukan penelitian, baik di bidang sains, sosial, teknologi maupun bidang lainnya.

Translate




Pages