Webinar with BSN




Halo peneliti belia! Memasuki era New Normal saat ini mungkin masih ada dari kalian yang belum bisa melakukan aktivitas di luar rumah seperti biasanya. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan #dirumahaja termasuk kegiatan mencari ilmu. Nah biar kalian tetap bisa produktif walaupun masih #dirumahaja webinar IYSA hadir lagi nih untuk menemani hari-hari kalian.

Kali ini webinar yang diselenggarakan oleh IYSA bekerja sama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang bertemakan “Pengenalan Standardisasi, Penilaian Kesesuaian dan Metrologi bagi Peneliti Muda Indonesia” yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi para peneliti belia yang produktif dalam membuat suatu karya.

Webinar ini diisi oleh Dr. Yopi (Kepala Pusat Riset dan Pengembangan SDM – BSN) sebagai keynote speaker, dengan tema Peran Standardisasi Dalam Mendukung Pengembangan Keilmuan Generasi Muda Indonesia”. Tujuan dibuatnya standardisasi untuk semua bagian baik standar produk barang, standar kompetensi/person, standar proses, sistem manajemen, serta standard jasa semata-mata untuk meningkatkan jaminan mutu, efisiensi produksi, daya saing nasional, persaingan usaha yang sehat dan transparan, serta kemampuan untuk melakukan inovasi dalam bidang teknologi.

Setelah itu dilanjut dengan materi dari ibu Kristiati Andriani, ST, MM. (Kepala Bidang Pengembangan SDM SPK) tentang “Pengantar Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian”, yang membahas tentang definisi standardisasi, tujuan, serta manfaat adanya standardisasi itu sendiri.

Pemateri terakhir diisi oleh bapak Heri Kurniawan, ST, M.Sc. (Kepala Subbidang Program dan Evaluasi Pengembangan SDM) tentang “Peran Metrologi dalam mendukung Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian”. Metrologi sendiri memiliki peran penting dalam standardisasi produk nasional yaitu untuk menghasilkan karya inovatif sebagai upaya meningkatkan daya saing dalam perdagangan internasional.

Di akhir acara tentu ada sesi diskusi dan kuis yang diisi oleh Moderator BSN yaitu Kukuh Prawita Satriaji.

Alhamdulillah webinar yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini selalu mendatangkan peserta yang membludak dan mendapat respon yang positif dari tiap peserta. Semoga webinar yang diselenggarakan oleh IYSA bisa mendatangkan manfaat serta memberikan wawasan baru dan inspirasi bagi para peneliti belia untuk tetap berkarya dan berinovasi.

Untuk informasi terkait webinar dan program IYSA lainnya stay tune terus yah di website dan Instagram IYSA !

Translate




Pages